Planet Kecil Berbatu Yang Bersuhu Panas Di Temukan NASA - Loverlem blog

Post Top Ad

loading...

12 Januari 2011

Planet Kecil Berbatu Yang Bersuhu Panas Di Temukan NASA


Badan antariksa Amerika Serikat, National Aeronautics and Space Administration (NASA) telah menemukan sebuah planet kecil dan berbatu. Planet tersebut berukuran sedikit lebih besar dari Bumi yang melakukan orbit bintang dengan cepat di luar sistem tata surya kita. Namun suhu di planet tersebut terlalu panas untuk sebuah kehidupan.

Planet yang diberi nama Kepler-10b tersebut merupakan planet terkecil yang pernah ditemukan di luar sistem tata surya kita. Planet itu ditemukan oleh pesawat Kepler milik NASA.

Ukuran planet tersebut sekitar 1,4 kali ukuran Bumi dan berputar mengitari bintangnya lebih dari sekali sehari. Suhu planet tersebut bisa melebihi 1.371 derajat Celcius, cukup untuk melelehkan besi.

Meskipun tak mungkin bisa ada kehidupan di planet tersebut, namun temuan ini menjanjikan. Demikian disampaikan Douglas Hudgins, ilmuwan program Kepler di NASA.

"Penemuan Kepler 10-b merupakan tonggak penting dalam pencarian planet-planet yang mirip dengan planet kita," tutur Hudgins seperti dilansir kantor berita AFP, Selasa (11/1/2011).

"Meskipun planet ini bukan zona yang bisa dihuni, temuan yang menarik ini menampilkan jenis-jenis penemuan yang dimungkinkan oleh misi ini," tandasnya.


sumber : detiknews.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

loading...