'Cinta Satu Malam' Ternyata Dipengaruhi Gen - Loverlem blog

Post Top Ad

loading...

26 Desember 2010

'Cinta Satu Malam' Ternyata Dipengaruhi Gen


New York, 'Cinta satu malam oh indahnya, cinta satu malam buat ku melayang'. Menurut penelitian hanya orang-orang tertentu saja yang senang melakukan cinta satu malam alias one night stand karena memang ada gen-nya.

Doktor ilmu biologi evoluisoner, Justin Garcia dari State University of New York meneliti kenapa ada orang yang senang melakukan cinta satu malam dengan mengenyampingkan risiko yang ada.

Pelaku cinta satu malam ini tak cuma para lajang tapi juga yang sudah menikah. Risiko penularan penyakit
seksual atau ketahuan berselingkuh kerap diabaikan oleh penyuka cinta satu malam.

Dalam penelitiannya, Doktor Garcia menemukan adanya gen tertentu yang membuat orang berani mengambil risiko itu. Gen itu adalah DRD4 yang membantu mengatur salah satu sel kimia dalam otak yakni dopamin.

Dopamin adalah salah satu saraf di otak yang paling serbaguna dan memainkan peran dalam sejumlah fenomena seperti memberikan perasaan kenikmatan dan memotivasi seseorang secara aktif untuk melakukan kegiatan tertentu yang menyenangkan. Kenikmatan seks, obat-obatan, perjudian, minuman dan rangsangan yang menyenangkan adalah tugas yang dilakukan dopamin.

Nah, faktor gen DRD4 inilah yang dicurigai sangat terkait dengan perilaku cinta satu malam atau perselingkuhan. Dalam penelitian terhadap 180 pria dan wanita muda ditemukan bahwa orang-orang dengan gen DRD4 lebih memungkinkan untuk tidak setia, termasuk melakukan cinta satu malam dan perselingkuhan.

Seperti dilansir Time, Sabtu (25/12/2010), dalam laporan yang diterbitkan jurnal Plos One itu diketahui 1 dari 4 orang yang memiliki gen DRD4 atau gen 'love rat' memiliki dua kali kemungkinan untuk tidak setia dan melakukan cinta satu malam.

"Motivasinya datang dari suatu sistem kesenangan dan penghargaan, yang merupakan tempat pelepasan dopamin yang masuk," kata Dr Gracia.

Setidaknya ada tiga elemen yang dikeluarkan dopamin yang bekerja pada gen DRD4 yaitu berani mengambil risiko tinggi, adanya kesenangan yang didapat dan motivasi penghargaan lainnya.

Meski begitu menurut Dr Gracia tidak semua orang yang punya gen DRD4 akan melakukan cinta satu malam atau perselingkungan karena ada juga faktor lain yang mempengaruhinya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

loading...