TIPS MEMBELI BLACKBERRY BEKAS DAN Rahasia Spesifikasi TEKNIS Manual BB! - Loverlem blog

Post Top Ad

loading...

04 Oktober 2010

TIPS MEMBELI BLACKBERRY BEKAS DAN Rahasia Spesifikasi TEKNIS Manual BB!


Tips membeli blacberry bekas second. BlackBerry merupakan gadget yang sangat fenomenal. Walaupun harganya tidak murah, ribuan orang rela mengantri untuk membelinya. Blackberry bekas atau second merupakan pilihan yang tepat bagi Anda yang memiliki keterbatasan dana namun tetap ingin memiliki BB.

Tetapi Anda harus berhati-hati! Banyak hal yang perlu diketahui daripada menyesal kemudian. Walaupun bekas tetap saja harganya tidak murah bukan.

Baca sampai habis artikel tips sebelum beli blackberry second bekas berikut ini dan dijamin tidur nyenyak sambil mimpi ngelonin BB :)

Tips Membeli Blackberry Bekas

Membeli BlackBerry bekas tidaklah sesederhana seperti membeli ponsel bekas lainnya. Jangan sampai tertipu. Ada beberapa hal yang harus Anda cermati sebelum memutuskan untuk membelinya.

Anda jelas perlu memeriksa dengan teliti spesifikasi produknya. Alasannya, banyak pengguna akhirnya tak bisa akses sama sekali layanan karena PIN disuspen (ditolak) atau sebelumnya menggunakan jenis layanan operator berbeda (PIN belum dirilis).

Tips Membeli Blackberry Bekas Second 1

Salah satu cara mudah dalam persoalan spesifikasi ini bisa dilakukan dengan melakukan WIPE BlackBerry alias mereset secara manual perangkat agar data yang ada sebelumnya bisa hilang. Cara WIPE adalah sebagai berikut:

Masuk menu OPTIONS >> SECURITY OPTIONS >> GENERAL SETTINGS >> Tekan logo BlackBerry disamping gambar telepon hijau >> Pilih menu WIPE HANDHELD >> Ketikan tulisan BlackBerry. Proses WIPE pun berjalan.

Jika proses itu sudah tuntas, maka masukkan SIM Card Anda yang sudah bisa mengakses layanan BlackBerry.

Lihat logo tulisan di gprs/edge/3g di sebelah kanan layar ponsel Anda. Apabila tulisannya masih huruf kecil, kemungkinan besar PIN ponsel disuspen. Cara ini juga bisa memastikan bahwa memori selanjutnya akan kosong, tidak lagi terisi berbagai aplikasi bawaan dari pemilik sebelumnya.

Tips beli blackberry bekas 2

Di sisi lain, Anda juga bisa mencoba memperbesar huruf kapital tadi dengan masuk menu OPTIONS, lalu ADVANCED OPTIONS, lalu HOST ROUTING TABLE, lalu klik simbol BlackBerry, dan selanjutnya pilih menu REGISTER NOW.

Apabila dua cara ini dilakukan dan huruf masih kecil, besar kemungkinan suspen atas personel identification number/PIN masih terjadi sehingga BlackBerry bekas hanya bisa menelepon dan SMS. Pembeli unit seken juga tak kalah penting memeriksa IT policy dengan melakukan sebagai berikut:

Tips beli BlackBerry bekas Second 3

Masuk menu OPTIONS >> SECURITY OPTIONS >> FIREWALL. Jika muncul tulisan enabled dengan logo gembok merah di sebelahnya, maka BlackBerry bekas terkena kebijakan internet dari pengguna sebelumnya.

Kebijakan sebelumnya, misalnya BlackBerry Entreprise Service (BES), akan membuat Anda tidak bisa mengakses layanan internet di luar yang telah ditentukan sehingga kenyamanan berselancar di dunia maya akan terganggu.

Jadi, dua kunci utama dalam membeli BlackBerry bekas adalah memastikan bahwa PIN tidak disuspen dan layanan sudah bebas dari kebijakan pengguna sebelumnya (PIN sudah dirilis). Prosedur lainnya yang tidak kalah penting adalah memperhatikan kesesuaian nomor PIN dan IMEI di menu status dengan di dus BlackBerry Anda.

Jika ternyata berbeda, sangat disarankan untuk tidak dibeli daripada berabe di kemudian hari. Saran lainnya, sama saja dengan membeli ponsel standar. Misalnya kondisi barang (mulus atau tidak), kualitas microphone, tata letak keypad, efek vibrator, dan lainnya.

Yang jelas, membeli BlackBerry bekas atau tidaklah sesederhana seperti membeli ponsel bekas lainnya. Jangan sampai tertipu!

Artikel ini juga terangkum dalam buku "BlackBerry for Everyone" karya Muhammad Sufyan yang berdomisili di Bandung

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

loading...