PENEMUAN MEGALIT KURSI BATU DI SUMATERA SELATAN - Loverlem blog

Post Top Ad

loading...

13 Oktober 2010

PENEMUAN MEGALIT KURSI BATU DI SUMATERA SELATAN


WARGA Dusun Rimbacandi, Kelurahan Candi Jaya, Kecamatan Dempo Tengah, Kota Pagaralam, Sumatera Selatan, menemukan megalit kursi batu. Megalitkursi batu itu diperkirakan berumur ribuan tahun di perkebunan kopi milik Sadain.

Di lokasi penemuan itu, kursi batu tersebut terdapat lempengan batu-batu dengan berbagai bentuk. Megalit ini juga dibuat seperti kursi pengantin dengan memanjang tapi posisinya sudah sedikit berobah akibat geseran air.

Kemudian kursi batu juga terdapat mata air jernih yang keluar dari celah-celah batu-batu masih terkubur di dalam tanah.

Sementara itu lokasi penemuan situs ini juga berjarak tiga kilometer (km) dari Dusun Rimbacandi atau 1,5 jam berjalan kaki menelusuri jalan tanah dan berjarak sekitar 25 km dari pusat Kota Pagaralam.

"Penemuan kursi batu yang berada di areal perkebunan kopi dan berjarak sekitar empat km dari sekitar hutan lindung Rimbacandi. Kursi batu ini ukurannya sekitar 1 m x 1,5 meter dengan tinggi sekitar satu meter," Sadain, pemilik kebun setempat.

"Memang warga menyebutnya ada kursi batu dan yang lainnya mengatakan batu pelancur," tambah Sadain.

Menurut dia, sebetulnya kursi ini sudah sering didatangi orang mengingat lokasinya berada sekitar perkebunan kopi dan tempat warga lain yang melintas ke kebun lainnya.

"Meskipun ada warga yang datang tapi karena dianggap keramat sehingga tidak satupun batu tersebut hilang atau bergeser, kecuali gejala alam. Warga sekitar juga takut merusak batu-batu tersebut karena sering ada kejadian bila bebatuan itu dipindah atau di rusak," kata dia.

Dia mengatakan, pernah datang ke lokasi kursi ini orang untuk melakukan pemeriksaan atau penelitian tapi belum ada tindak lanjutnya. Apa kursi ini sengaja dibuat tangan manusia purba atau hanya berupa gejala alam.

Sementara itu dari Balai Arkeologi Palembang Kristantina Indriastuti, mengatakan penemuan itu perlu ada tindak lanjutnya untuk membuktikan apa sebenarnya bangunan dan bebatuan tersebut.

Namun untuk memastikan zaman apa dan jenis situs itu perlu dilakukan penelitian lagi termasuk jenis batu lain yang berada di sekitar batu kursi itu. Tapi kalau melihat dari bentuk tentunya megalit itu sudah berumur ribuan tahun, katanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

loading...