MENANTI FENOMENA ALAM YANG AKAN TERJADI TAHUN 2010 - Loverlem blog

Post Top Ad

loading...

16 Agustus 2010

MENANTI FENOMENA ALAM YANG AKAN TERJADI TAHUN 2010


Fenomena alam memang selalu membuat kita terkagum-kagum karena merasa bahwa Tuhan memang maha kuasa.Banyak sekali fenomena alam yang jarang kita jumpai bahkan tidak pernah kita temui selama kita hidup di dunia ini karena memang waktu yang tidak pasti dan jangka waktu yang sangat lama.Berikut ini adalah fenomena alam yang di prediksikan akan terjadi pada tahun 2010,

1.15 Januari Gerhana Matahari cincin
Gerhana matahari terjadi pada tanggal 15 Januari 2010 yang bisa dilihat dengan cukup jelas hampir di seluruh dunia.

2.29 Januari Planet Mars mendekati bumi
Pada tanggal 29 Januari jarak antara bumi dengan planet mars adalah 61,7 juta mil dan itu merupakan jarak terdekat antara bumi dengan mars.Walaupun demikian kita tidak bisa melihat planet mars secara langsung.

3.28 Maret sampai 12 April Planet Venus dan Merkurius Berdampingan
Kala itu Dua planet ini merupakan pasangan menarik di langit barat dan barat laut, saat senja. Jarak dua planet ini hanya sekitar lima derajat. Venus muncul ke kiri dan sedikit di atas bayangan Merkurius. Pada tanggal 3 April,venus dan merkurius terlihat sangat dekat, hanya sedikit di atas 3 derajat.

4.26 Juni gerhana bulan parsial
Gerhana ini terjadi di Kepulauan Hawaii, barat Alaska, Australia, Selandia Baru, wilayah bagian timur Malaysia dan Asia. Di lokasi-lokasi ini, terlihat bagian atas bulan gelap oleh bayangan Bumi.

5.11 Juli Gerhana matahari total
Gerhana matahari total terjadi di 15 mil dari Tahiti dan Pulau Paskah. Sementara di sebuah titik lokasi di Samudera Pasifik Selatan, matahari tertutup total selama 4 menit dan 45 detik.

6.Awal Agustus Trio Planet
Mars melewati kurang dari dua derajat di selatan Saturnus pada 1 Agustus. Kemudian, bayangan Venus anya lebih dari 3 derajat ke selatan sembilan hari kemudian

7.12 Agustus Hujan Meteor Perseid
Malam yang akan penuh komet bertaburan di angkasa,jadi kita bisa menyaksikannya kalau beruntuk.Akan ada 100 komet tiap jam yang akan terlihat.

8.21 September Jupiter Terlihat Besar dan Tinggi
Jupiter akan berada di langit tengah malam, yaitu, pada oposisi (-2,9 magnitudo). Dalam orbit ini, Jupiter lebih dekat daripada jarak rata-rata.

9.Akhir Oktober Komet melintasi bumi
Komet Hartley 2 akan melintas bumi, tepatnya 11,2 juta mil dari Bumi pada pada 20 Oktober 2010, hanya seminggu sebelum komet ini melewati matahari dalam jarak dekat.

10.14 Desember Hujan meteor Gemini
Hujan meteor gemini kembali terjadi. Sekitar 120 meteor per jam akan turun dilangit.

11.20-21 Desember Gerhana Bulan Total

fenomena gerhana bulan total ini akan terlihat jelas di negara bagian Amerika Utara. Untuk Timur AS dan Kanada, fenomena ini terjadi dini hari.Gerhana bulan ini berlangsung selama kurang lebih 1 jam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

loading...