CARA AGAR SEKS TETAP FIT DI USIA LANJUT

Tidak ada manusia yang bisa mencegah datangnya proses penuaan. Menjadi tua sudah alami bagi semua orang. Demikian pula dalam hal seks, saat memasuki usia lanjut, biasanya aktivitas dan kemampuan seks pun ikut menurun.

Pada umumnya, jika telah masuk usia lanjut, pasangan kerap malas melakukan hubungan seks. Dan ada beberapa faktor yang menyebabkannya. Diantaranya adalah menurunnya gairah seks dan munculnya perasaan malu untuk melakukan seks.

Untuk faktor pertama, menurunnya gairah seks memang alami. Tapi sebenarnya bisa sedikit diatasi dengan beberapa cara. Misalnya dengan melakukan pola hidup sehat, yang biasanya gairah seksual bisa tetap terjaga meskipun telah masuk usia lanjut.

Konferensi European Society of Human Reproduction and Embryology 2008 pernah memberikan kesimpulan, yaitu dengan menjalani pola hidup yang sehat maka akan bisa menjaga gairah seks dan kesuburan para pria. Bahkan, banyak pakar kesehatan yang mengungkapkan pendapat yang sama. Mereka selalu menganjurkan pada setiap pasangan untuk selalu menjaga pola hidup sehat.

Sedangkan untuk faktor psikologis seperti munculnya rasa malu atau enggan melakukan hubungan seks, ini bisa diatasi dengan menghadirkan komunikasi yang baik antarpasangan. Pakar urologi, dr Ardy Santosa, seperti yang pernah dilansir sumber Antara, beberapa waktu lalu, menyebut bahwa aktivitas seks di usia lanjut adalah sah-sah saja. Bahkan setiap pasangan harus memunculkan kesadaran akan pentingnya komunikasi dan saling pengertian.

Banyak pasangan yang masih menganggap bahwa hubungan seks hanyalah sebatas penyaluran kebutuhan biologis semata. Ini adalah pemahaman yang salah besar. Lebih jauh, hubungan seks haruslah dipahami sebagai sarana untuk ‘refreshing’ dan rekreasi. Terlebih lagi, aktivitas seks merupakan suatu bentuk atau sarana untuk menjaga keharmonisan di dalam rumah tangga.

Tentu saja, aktivitas seks yang dilakukan di usia lanjut itu harus tetap memperhatikan kondisi dan kemampuan pasangan, karena dipengaruhi oleh bertambahnya usia. Lakukanlah hubungan seks semampunya, jangan juga memaksakan diri secara berlebihan. Jalin komunikasi yang baik dengan pasangan. Sikap saling mengerti dan saling menyayangi antarpasangan adalah kunci sukses dari hubungan seks, meskipun di usia lanjut

Sex

0 comments:

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails
 

© 2011 Loverlem blog - Designed by Mukund | ToS | Privacy Policy | Sitemap

About Us | Contact Us | Write For Us